Header Ads

Wireless Security


Wireless Security merupakan mode pengamanan yang digunakan dalam pemasangan dan pengaturan Wi-Fi. Pengaman ini bertujuan agar hanya client tertentu yang dapat mengakses Wi-Fi tersebut. Ada beberapa jenis Wireless Security yang ada di masyarakat, security ini memiliki spesifikasi dan kegunaan sendiri-sendiri. Masih bingung dan tidak paham dengan istilah-istilah wireless security ? 
Berikut pembahasan satu-persatu.

  • WEP , adalah kepanjangan dari Wired Equivalent Privasy atau bisa disebut juga Shared Key/Shared Key Authentication. Kunci haruslah cocok dari yang diberikan oleh access point ke client dengan yang dimasukkan oleh client untuk dilakukan autetikasi menuju ke access point.
  • WPA atau Wi-Fi Protected Access adalah suatu sistem yang juga merupakan pengaman jaringan nirkabel dan melengkapi dari sistem yang sebelumnya yaitu WEP. Banyak sekali yang mengatakan bahwa jaringan WEP banyak mempunyai kekurangan, oleh karena itu dikembangkanlah WPA. WPA diciptakan dan digunakan dengan alat tambahan lainnya yaitu sebuah PC. Mengapa harus PC? PC berguna sebagai authentication server yang akan memberikan kunci yang berbeda pada masing-masing pengguna dari jaringan nirkabel tertentu yang menggunakan access point.
  • Sebelum masuk ke WPA2 enterprise, berikut ini sedikit penjelasan mengenai WPA2. WPA2 merupakan sertifikasi prodek yang tersedia melalui wi-fi alliance. Update dari WPA2 ini diantaranya adalah WPA2 Enterprise dan WPA2 Personal. Untuk WPA2 enterprise ini memiliki 3 bagian utama yang terlibat, diantaranya adalah suppicant (client), authenticator dan authentication server. WPA2 enterprise menggunakan 802.1 x sebagai passwordnya dengan protocol EAP (contohnya EAP-TLS dan EAP-TTLS). 
  • WPA2 personal menggunakan Pre-Shared Key sebagai passwordnya, namun bisa di sadap dengan metode dictionary attack/brute force attack. Karena itu WPA2 personal ini tidak cocok digunakan untuk sistem pengamanan perusahaan besar.
  • WPA Enterprise (Radius), Mode ini menyediakan keamanan yang dibutuhkan untuk jaringan nirkabel di lingkungan bisnis. Ini lebih rumit untuk disiapkan, dan ini menawarkan kontrol individual dan terpusat atas akses ke jaringan Wi-Fi Anda. Saat pengguna mencoba menyambung ke jaringan, mereka perlu menampilkan kredensial masuk mereka.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.