Header Ads

Perkembangan Windows Server: Dari Masa ke Masa Itu Berbeda


Windows merupakan salah satu sistem operasi yang banyak penggunanya, itu dikarenakan windows memiliki harga yang murah dan jua fitur-fitur yang memudahkan kita untuk melakukan pekerjaan.. Sampai saat ini sudah banyak sekali versi Windows yang ada di pasaran. Tahukah kamu, bahwa Sistem operasi Windows memiliki sejarah perkembangan yang sangat panjang hingga saat ini? Di bawah ini adalah perkembangan Windows Server dari masa ke masa.

  • Windows NT 4.0 Server, adalah Versi keempat sistem operasi berbasis kernel NT yang diluncurkan oleh Microsoft Corporation pada 29 Juli 1996. Sistem operasi ini dapat mendukung beberapa platform perangkat keras, mulai dari Intel IA-32(x86), PowerPC dari IBM, MIPS, dan DEC Alpha dari Digital Equipment Corporation. Sistem operasi ini merupakan sistem operasi murni 32-bit.  
  • Windows Server 2000, Versi ini merupakan kelanjutan teknologi Windows NT Server 4.0. Windows 2000 memiliki 3 jenis keluarga yaitu versi Standar (Server), Advance Server, dan Data Center Server. Windows 2000 Server memiliki semua kemampuan yang ada pada versi Professional ditambah berbagai fasilitas inti yang dibutuhkan sebagai server jaringan. Versi ini dapat digunakan sebagai file dan print server, application server, web server, maupun communication server.
  • Windows Server 2003, merupakan sebuah versi sistem operasi Microsoft Windows yang ditujukan untuk pasar server korporat. Hal yang pertama yang kita lihat pada OS Windows 2003 standard edition adalah tampilan server  yang sangat indah dan mirip windows xp versi pro maupun home edition. 
  • Windows Server 2008, sebuah versi baru Windows Server, yang dirilis pada tanggal 27 Februari 2008.Windows Server 2008 dibangun di atas beberapa keunggulan teknologi dan keamanan yang pada awalnya diperkenalkan dengan Windows Vista, dan ditujukan agar bisa lebih modular secara signifikan, ketimbang pendahulunya, Windows Server 2003.
  • Windows Server 2008 R2, nama sistem operasi untuk server dari perusahaan Microsoft yang dirilis pada tanggal 22 Oktober 2009, bersamaan dengan Windows 7. Sistem server ini merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yang disebut Windows Server 2008. Banyak perkembangan yang sangat signifikan di Windows Server 2008 R2 . Windows Server 2008 R2 tidak terlalu banyak berubah dibandingkan dengan Windows Server 2008, namun ada beberapa fitur canggih, diantaraya Core services, Networking dan mobility, Security, dan Server management.
  • Windows Server 2012,ebelumnya CODEC Windows Server 8, adalah rilis saat Windows Server . Ini adalah versi server Windows 8 dan penerus Windows Server 2008 R2. Windows ini memiliki banya fitur seperti User interface, Task Manager, Installation options, IP address management, Active Directory, IISS 8.0, dan juga Hyper-V 
  • Windows Server 2016, merupakan sistem operasi server yang akan datang yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari keluarga sistem operasi Windows NT, dikembangkan bersamaan dengan Windows 10. Fitur yang ada pada sistem operasi ini pun sangat banyak dengan spesifikasi komputer yang diperlukan lebih tinggi.
Nah, itu adalah beberapa perkembangan Windows dari waktu ke waktu untuk mengetahui Keunggulan dari masing-masing sistem operasi dapat dilihat pada artikel selanjutnya. Ada juga cara Installasi Windows Server 2016, lho. Mau tau yuk budayakan membaca. 

2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.